POLRES WONOGIRI – Ratusan kaum boro Wonogiri mulai meninggalkan kampung halaman usai merayakan Lebaran 2022. Mereka yang diberangkatkan dari Terminal Tipe A Giri Adipura Wonogiri merupakan peserta program Angkutan Balik Gratis yang diselenggarakan Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Minggu (8/5/2022).

Berdasarkan data arus balik mudik gratis melalui Kemenhub, ada 956 penumpang. Dengan jumlah kendaraan sebanyak 22 bus.

“Bus yang diberangkatkan ini menuju wilayah Jakarta. Kendaraan sepeda motor mereka sudah berangkat duluan jadi nanti saudara-saudara kita yang hari ini berangkat kendaraan sepeda motornya sudah siap disana,” terang Eko Agus Susanto Kepala Balai Pengelola Transportasi Daerah (BPTD) wilayah Jateng-DIY.

Seperti diketahui, Wonogiri merupakan daerah dengan jumlah pemudik terbanyak se-Jawa Tengah. Tak heran perlu adanya pantauan lebih menyusul adanya kelonggaran melakukan mudik lebaran dari pemerintah sejak pandemi melanda.

“Tahun ini masyarakat melalukan euforia yang luar biasa, dan ini sudah kita persiapkan jauh hari sebelumnya,” ucapnya.

Menurutnya, program angkutan balik mudik gratis ini untuk meminimalisir tingkat kecelakaan lalu lintas di jalan. Sebab pada tahun-tahun sebelumnya, banyak ditemui pemudik yang menggunakan sepeda motor dengan kelebihan muatan.

“Kita lihat dijalan satu sepeda motor ditumpangi tiga empat orang ditambah lagi barang-barangnya. Jadi kita melihatnya tidak etis kalau pemerintah hanya diam melihat kondisi seperti itu,” ujarnya.

Selain memberangkatkan dari Terminal Tipe A Giri Adipura Wonogiri, peserta arus balik mudik gratis juga diberangkat dari beberapa terminal, yakni Terminal Giwangan DIY, Terminal Tipe A Mangkang Semarang, Terminal Tirtonadi Solo dan Terminal Bulupitu Purwokerto.

Selain mudik gratis dari Kemenhub, mudik gratis juga diselenggarakan Pemerintah DKI untuk warga Wonogiri yang merantau di Jabodetabek. Tercatat ada 1.200 penumpang dengan jumlah 30 unit bus.

Dalam pelepasan tersebut, turut dihadiri Koordinator Terminal Tipe A Giri Adipura Wonogiri, Agus Hasto Purwanto, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Waluyo, Kasatlantas Polres Wonogiri AKP Marwanto dan sejumlah unsur terkait.

(Humas Polres Wonogiri Polda Jateng)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here