POLRES WONOGIRI – Sebuah baliho milik perguruan silat Persaudaraan Setia Hati Tunas Muda Winongo (PSHW) Ranting Slogohimo Cabang Wonogiri, diturunkan, Jum’at (6/5/2022). Penurunan tersebut dilakukan oleh pengurus PSHW Ranting Slogohimo secara sukarela.

Seperti diketahui, baliho ucapan Selamat Hari Raya Idulfitri milik PSHW tersebut sebelumnya terpasang di Kelurahan Bulusari, Kecamatan Slogohimo, Kabupaten Wonogiri. Penurunan itu didasari oleh surat kesepakatan bersama antarperguruan silat yang ada di Kabupaten Wonogiri.

Kesepakatan yang dimaksud yaitu mengenai larangan mendirikan tugu, memasang spanduk maupun coretan atau lukisan yang menunjukkan identitas perguruan silat baik di tempat pribadi maupun tempat umum.

“Himbauan dari Pengkab IPSI Kabupaten Wonogiri berdasarkan hasil rapat koordinasi Pengkab IPSI Wonogiri bersama Polres Wonogiri, menghimbau kepada seluruh Perguruan/Padepokan Pencak Silat se Wonogiri untuk tidak memasang Baliho/ MMT/ Banner ucapan Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1443 H/ 2022 dalam bentuk baliho/spanduk, namun dianjurkan ucapan Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1443 H/ 2022 hanya melalui gambar di media sosial,” ucap Kapolres Wonogiri AKBP Dydit Dwi Susanto, SIK, M.Si melalui Kasubsi Penmas Humas Aiptu Iwan Sumarsono.

Terpisah, Kapolsek Slogohimo, AKP Paimin, membenarkan adanya kegiatan penurunan baliho di wilayahnya. Menurutnya, penurunan tersebut dilakukan pengurus PSHW Ranting Slogohimo sendiri.

“Bukan Polsek yang menurunkan, tapi pengurus rantingnya sendiri. Saat saya datang itu (baliho) udah diturunkan dan disimpan,” ujarnya.

(Humas Polres Wonogiri Polda Jateng)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here