Kepolisian bakal menggelar Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2021. Operasi ini dilaksanakan selama 14 hari, terhitung sejak tanggal 12 sampai 25 April 2021.

Namun berbeda dengan operasi sebelumnya. Dalam kegiatan ini kepolisian tidak akan melaksanakan penindakan terhadap pelanggar lali lintas. Polisi lebih mengutamakan kampanye, edukasi, dan sosialisasi.

Fakta-fakta itu terungkap ketika Polres Wonogiri menggelar apel gelar pasukan Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2021 Polres Wonogiri, Senin (12/4/2011). Pimpinan Apel Wakapolres Wonogiri Kompol Edi Wibowo membacakan amanat Kapolda Irjen Ahmad Luthfi mengatakan, operasi berlangsung selama Ramadhan yaitu 12 April sampai 25 April 2021.

“Operasi akan menyasar kepada masyarakat umum, khususnya masyarakat yang menggunakan transportasi publik,” jelas dia.

Operasi nanti, jelas dia, berupa kampanye, edukasi, serta sosialisasi. Tidak ada penindakan sama sekali dari kepolisian.

“Ini untuk meningkatkan kepatuhan terhadap protokol kesehatan. Nantinya kepolisian memadukan operasi keselamatan berlalu lintas dengan kampanye kepatuhan protokol kesehatan. Kampanye nanti berbentuk aksi membagikan masker dan hal lainnya,” jelas dia.

Mengenai edukasi, dia membeberkan terkait larangan mudik pada Lebaran tahun ini. Juga tertib berlalu lintas dan menurunkan angka kecelakaan lalu lintas.

“Perintah dari Mabes untuk meniadakan penindakan, sehingga untuk daya jumlah pelanggaran lalu lintas berupa tilang dan teguran, nihil,” ujar dia.

Pihaknya menekankan, penerapan protokol kesehatan tidak hanya berlaku bagi masyarakat. Namun juga personil yang bertugas.

(Humas Polres Wonogiri Polda Jateng)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here