Sebagai bentuk kepastian penjaminan pelayanan kesehatan untuk korban kecelakaan lalu lintas (Lakalantas), Satlantas Polres Wonogiri, Jasa Raharja, BPJS dan sejumlah rumah sakit melakukan penandatanganan nota kesepakatan atau MoU (memorandum under standing).

Menurut Kapolres, dalam penanganan Lakalantas butuh konsentrasi dan kecepatan. Bahkan, ke depan layanan itu akan dimasukkan dalam sebuah aplikasi yang berbasis IT. Di lain sisi, Kapolres menyebut penanganan Laka perlu konsentrasi, karena jika diamati angka kasus kecelakaan di Wonogiri didominasi usia produktif.

“Ini adalah salah satu bentuk layanan terpadu. Nanti juga akan dibentuk posko terpadu. Dimana, di dalam MoU itu sudah disepakati sejumlah komitmen bersama. Pada intinya, ini adalah peningkatan pelayanan publik Unit Satlantas dan instansi lainnya di dalam penanganan Lakalantas secara cepat. Mulai dari proses penanganan Laka, korbannya, hingga pembayaran jasa raharja, demikian pula dengan BPJS,” ungkap Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing saat dikonfirmasi, usai penandatanganan MoU antar instansi, di Wonogiri, Kamis (25/3).

Adapun rumah sakit di Wonogiri yang menandatangani MoU tersebut diantaranya RSUD Wonogiri, PKU Muhamadiyah, RS Medika Mulya, RS Mulia Hati, RS Astrini, RS Maguwan Husada dan RS Amal Sehat

“Di dalam indikator-indikator yang dituangkan dalam perjanjian tadi telah disepakati bersama. Pada intinya masyarakat dipermudah, tidak dipersulit. Selain itu, MoU ini juga dalam rangka Polres Wonogiri menuju WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih Melayani),” ujarnya.

Menurutnya, dengan adanya perjanjian itu diharapkan masing-masing petugas bisa mengetahui tugas dan perannya,serta lebih ‘care’ atau lebih peduli. Selain itu,ketika ada korban kecelakaan dirawat disalah satu rumah  sakit, didalam pembayaran BPJS dan Jasa Rahardja menjadi lebih mudah.

“Jadi, visi misinya untuk penanganan Lakalantas dapat sepaham. Nanti kedepan akan dibentuk Posko terpadu di RSUD Wonogiri. Di situ sudah ada petugas Jasa Raharja, BPJS dan Satlantas dan petugas RSUD, biar koordinasinya lebih baik dan cepat,” jelasnya.

( Humas Polres Wonogiri Polda Jateng )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here