Giat Pamatwil (Perwira Pengamat Wilayah) di Kecamatan Batuwarno dipimpin Kasubbag Sarpras Iptu Utami, S.H didampingi oleh Ipda Sukamto dan Babinkamtibmas Desa Sumberejo Brigadir Nanang, Jumat (19/2).

Kasubbag Sarpras Iptu Utami, S.H mewakili Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing, S.IK, MH, M.Si mengatakan tujuan kegiatan tersebut

guna mendisiplinkan aparat pemerintah bersama TNI Polri dan masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19 di wilayah Kabupaten Wonogiri guna memutus rantai penyebaran virus covid-19.

“Penegakan protokol kesehatan kepada warga masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan serta mengefektifkan upaya penegakan hukum terhadap pelanggaran protokol kesehatan dan meningkatkan kesadaran kepada masyarakat bahaya Virus Covid-19 benar-benar ada dan nyata,” katanya.

Dijelaskannya, kewenangan Pamatwil, melakukan pengawasan, pengendalian, serta mengevaluasi seluruh kegiatan dan pemutakiran data perkembangan giat kepolisian dalam rangka mendukung terlaksananya program PPKM Mikro di tingkat desa kelurahan se Kabupaten Wonogiri (sebagai wujud nyata mendukung pelaksanaan penanganan Covid 19 secara bersama dan menyeluruh).

Sementara tugas dan tanggung jawab Pamatwil koordinasi dengan Kapolsek terkait perkembangan pelaksanaan PPKM, melakukan pengawasan dan pengendalian serta memastikan seluruh petunjuk dan arahan pimpinan / kapolres terlaksana dengan baik.

Dia menjelaskan langkah pengawasan pelaksanaan protokol kesehatan di masyarakat melalui pendirian Posko PPKM berbasis Mikro di desa/ kelurahan.

“Kecamatan Batuwarno diterima oleh Forkompinca Ibu Sandyta mewakili Bapak Khrisma Eko Sutiyono selaku camat Batuwarno, Koramil Batuwarno yang diterima oleh Bapak Serda Setio Budi mewakili Bapak Budi Raharjo selaku Danramil Batuwarno, Desa Sumberejo yang diterima oleh Kades Bapak Tri Hariyanto,Desa Batuwarno yang diterima oleh Henjang Poernomo mewakili Bapak Kades Jarot Kristanto, Desa Tegiri yang diterima oleh Kades Ibu Sri Wahyuni dan Kepala Puskesmas Batuwarno Ibu dr. Evie, ” bebernya.

Ditambahkannya, sudah ditunjuk percontohan PPKM berskala Mikro di Desa Sumberejo, Kecamatan Batuwarno dengan biaya rencana menggunakan Dana Desa sebesar 8 % dari jumlah Dana Desa sekitar 60 juta, berlaku untuk semua desa / kelurahan.

(Humas Polres Wonogiri Polda Jateng)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here