Polres Wonogiri menyiapkan tempat isolasi bagi anggotanya yang terkonfirmasi positif Covid-19. Lokasi itu berad di Apartemen Sanika Satyawada.

Apartemen yang belum lama selesai dibangun itu bertempat di area Mapolres Wonogiri. Nantinya tempat itu juga bisa digunakan untuk isolasi masyarakat umum jika terjadi outbreak di Kabupaten Wonogiri.

“Tempatnya [Apartemen Sanika Satyawada] sudah siap digunakan. Jika ada anggota kami yang terpapar bisa diisolasi di sana,” kata Kapolres Wonogiri, AKBP Christian Tobing, SIK, MH, MSi kepada Humas dan wartawan, Minggu (3/1/2021) Kemarin.

Tobing mengatakan, jumlah kamar yang ada di apartemen itu ada 36 ruang. Namun yang disiapkan untuk isolasi mandiri sebanyak 20 kamar. Letaknya di lantai III atau paling atas.

“Kami memilih lantai paling atas agar area lain di apartemen steril. Jika terpakai, pasien benar-benar diisolasi di lantai paling atas,” ungkap dia.

Tobing menuturkan, jika di Wonogiri terjadi outbreak, pihaknya bakal berkoordinasi dengan Satgas Penanganan Covid-19 Wonogiri. Jika tempat isolasi perlu ditambah, maka apartemen Mapolres Wonogiri bisa dimanfaatkan.

“Kami tidak berharap terjadi lonjakan kasus yang signifikan dan menjadikan outbreak. Utuk antisipasi, jika ada lonjakan kasus apartemen itu bisa digunakan masyarakat umum, tidak hanya anggota kami,” ujar dia.

Tobing tidak memungkiri selama pandemi ada beberapa anggota Polres Wonogiri yang terpapar Covid-19. “Ada beberapa anggota yang terkonfirmasi positif Covid-19. Namun saat ini sudah sembuh semua,” kata dia.

Anggota Polres Wonogiri

Jika ada anggota terpapar Covid-19, kata Tobing, perawatan dan penanganan dilakukan di poliklinik Polres Wonogiri. Di tempat itu dokter dan tenaga kesehatan telah siap untuk memberikan pelayanan. Jadi jika ada yang terpapar, penanganan bisa dilakukan. Termasuk menjamin makanan dan vitamin.

“Meski fasilitas sudah disiapkan, kami mengimbau kepada anggotanya agar tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Tidak hanya bagi masyarakat, anggota polisi juga harus, bahkan jadi contoh untuk masyarakat,” kata dia.

Belum lama ini, lanjut Tobing, pihaknya menggelar tes swab masal bagi anggotanya sebelum pelaksanaan pilkada. Ia pun juga memfasilitasi tes swab bagi anggotanya yang mempunyai gejala mengarah Covid-19. “Tentunya upaya tracing terus kami lakukan,” kata Tobing.

(Humas Polres Wonogiri Polda Jateng)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here