Bertempat di Alun-Alun Giri Krida Bakti Wonogiri telah berlangsung Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Candi 2020 Polres Wonogiri dengan tema Melalui Apel Gelar Pasukan Kita Tingkatkan Sinergi dengan Instansi Terkait Dalam Rangka Memberikan Rasa Aman dan Nyaman pada Perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 di Tengah Pandemi Covid 19, Senin (21/12) pagi.

Hadir dalam giat tersebut Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing, S.IK, MH, M.Si,  Bupati Wonogiri Joko Sutopo, Dandim Wonogiri Letkol Inf Imron Mashyadi,SE, Kepala BPBD Kab.Wonogiri Drs. Bambang Haryanto, Kepala Sat Pol PP Kab.Wonogiri Waluyo, Kepala Dinas Perhubungan Kab. Wonogiri Ismiyanto, dan tamu undangan lain.

Giat tersebut diikuti pasukan dari Polres Wonogiri, Kodim 0728, Satpol PP dan Dinas Perhubungan.

Pimpinan apel membacakan amanat  Kapolri mengatakan giat tersebut diselengarakan serentak di wilayah Indonesia sebagai persiapan Ops Lilin 2020 dalam rangka perayaan Natal dan Tahun Baru baik secara personel dan sarana prasarana.

Polri bermitra dengan TNI, Pemerintah Daerah dan instansi terkait dalam rangka pengamanan perayaaan Natal dengan giat  ibadah dan perayaan Tahun Baru di tempat wisata, karena terjadi kerumuman dan rawan terjadinya gangguan kamtibmas dan pelanggaran protokol kesehatan.

Ops Lilin Candi 2020 akan berlangsung 15 hari dari tanggal 21 Desember 2020  sampai 4 Januari 2021 dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif secara humanis.

Dalam pelaksanaan pam Nataru Polri telah mempersiapkan ribuan pasukan di pos pengamanan.

Ops Lilin Candi 2020  tidak boleh dianggap agenda rutin tahunan biasa, di masa pandemi harus peduli jangan sampai perayaan Nataru menimbulkan klaster baru penyebaran Covid 19.

Ada sejumlah beberapa pedoman yang harus dilakukan personel yakni persiapkan fisik, lakukan deteksi dini, tingkatkan kewaspadaan  terhadap aksi teror dan krimimalitas,laksanakan pam secara profesional dan humanis, laksanakan penegakan hukum secara profesional dan proporsional, mantapkan kerja sama sinergi dan soloditas dan tetap menjadi teladan bagi keluarga rekan masyarakat dalam menerapkan prokes.

Kemudian dilakukan Show of Force dengan rute dari Alun-Alun – DPRD – Perempatan Ponten – Klampisan – Shelter – SMAN 1 Wonogiri- Perempatan Gudang Seng- Pasar Kota- Toko Emas Semar Nusantara dan kembali ke Alun-Alun.

(Humas Polres Wonogiri Polda Jateng)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here