polreswonogiri.com – Koramil-7 Tirtomoyo Kodim 0728 Wonogiri dan Polsek Tirtomoyo, menggandeng para relawan mensosialisasikan pencegahan wabah virus corona. Kepada warga dipahamkan untuk disiplin mentaati protokol kesehatan, guna memutus mata rantai penyebaran Corona Viris Disease (Covid)-19.

Danramil-07 Tirtomoyo Kapten (Cba) Suparna melalui Serma Darman, menyatakan, sosialisasi bersama relawan dari Katana ini, dilakukan di Desa Banyakprodo, Kecamatan Tirtomoyo, Kabupaten Wonogiri. Melibatkan para anggota Babinsa, Kapolsek Tirtomoyo Iptu Karjo beserta jajarannya, dan para relawan dari Tim Katana pimpinan Karmi.

Tim gabungan ini, memberikan teguran lisan untuk memahamkan warga yang abai memakai masker tatkala bepergian. Teguran disampaikan dalam bahasa semanak (familier) dan sikap santun, serta pendekatan humanis.

Peraturan Bupati
Kapolsek Tirtomoyo, Iptu Karjo, menyatakan, kegiatan ini menjadi wujud sinergitas TNI-Polri bersama masyarakat, sebagai tindak lanjut pelaksanaan Peraturan Bupati (Perbup) Nomor: 53 Tahun 2020.

Dihubungai terpisah, Kepala Satpol-PP Wonogiri, Waluyo, Senin (7/9), menyatakan, bersama TNI dari Kodim 0728 Wonogiri, jajaran Polres dan dinas terkait Pemkab Wonogiri, melakukan razia warga tidak bermasker. Razia dilakukan sampai akhir Bulan September 2020 mendatang, digelar di sejumlah lokasi keramaian masyarakat.

Sebagaimana yang dilakukan di Pasar Sukorejo, Kecamatan Wonogiri Kota misalnya, Tim Gabungan yang berkekuatan 16 personel, menjaring 13 orang tidak memakai masker. Kepadanya diberikan sanksi terguran lisan sebanyak 8 orang, dan 5 orang lainnya teguran tertulis membuat surat pernyataan untuk tidak abai lagi memakai masker.

Penyemprotan
Bersamaan itu, penyemprotan disinfektan dilakukan di Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Wonogiri. Utamanya di tempat umum pelayanan masyarakat, termasuk di Pasar Ngadirojo dan fasilitas publik lainnya. Ini dilakukan, sebagai langkah antisipasi terhadap meningkatnya jumlah warga yang terpapar Covid-19 di Kabupaten Wonogiri.

Anggota Koramil-03 Ngadirojo Kodim 0728 Wonogiri, Serda Wiyono beserta rekan Babinsa, terlibat langsung melakukan penyemprotan bersama relawan dari PMI Wonogiri dan personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wonogiri. ”Tindakan ini diharapkan dapat untuk mendukung upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” tegasnya.

Danramil-03Ngadirojo Kodim 0728 Wpnogiri, Kapten Inf Sunardi, melalui Serda Wiyono menyatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk mendukung upaya memutus rantai penyebaran Covid-19.

(Humas Polres Wonogiri Polda Jateng)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here