Polres Wonogiri Meraih Predikat Sangat Baik Survei Penyelenggaraan Pelayanan Publik

WONOGIRI,suaramerdekasolo.com – Polres Wonogiri mendapatkan predikat Sangat Baik dalam survei penyelenggaraan pelayanan publik. Penelitian oleh Lembaga Penelitian Pengembangan dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) Universitas Islam Batik (Uniba) Surakarta itu dilaksanakan sejak Februari lalu.

Ketua LP3M Uniba Surakarta Dr Ida Aryanti didampingi dosen Uniba Dr Supawi Pawenan menerangkan, penelitian dilaksanakan pada tujuh unit pelayanan publik.

yakni pelayanan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT), SIM, BPKB, STNK, tahanan dan barang bukti (Tahti) serta pelayanan kecelakaan lalu lintas.

“Penelitian dilakukan dengan menyurvei apresiasi masyarakat. Hasilnya, kami memberikan predikat sangat baik. Itu tercermin dari semua kebijakan terimplementasi dengan linear dan bagus,” kata Ida.

Meski demikian, masih ditemukan kelemahan minor. Contohnya AC kurang dingin dan ukuran tulisan di papan informasi terlalu kecil.

“Cuma kelemahan minor, bukan mayor. Itu mengindikasikan kedisiplinan tinggi yang diterapkan Polres Wonogiri,” terangnya.

Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing mengaku bangga menerima penghargaan tersebut.

“Penilaian eksternal masyarakat terhadap pelayanan Polres Wonogiri menghasilkan predikat sangat baik,” katanya.

Capaian tersebut menjadi modal untuk menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK). Selain itu, hasil penelitian menjadi evaluasi dan bahan acuan agar dapat melaksanakan pelayanan lebih baik.

Salah satu yang perlu diperbaiki adalah senyum, sapa dan salam.

“Kalau ada masyarakat datang, layani dengan sabar dan senyum. Apa yang bisa saya bantu? Dengan senyum, kita mengeluarkan energi positif dan energi itu akan kembali kepada kita,” ujarnya.

Dia juga meminta supaya petugas mampu menerangkan dengan jelas apabila ada pungutan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Tujuannya agar tidak ada korupsi, kolusi dan nepotisme.

Kabagren Kompol Dwi Retnowati menambahkan, survei eksternal menjadi salah satu syarat menuju WBK. Oleh karenanya, LP3M Uniba ditunjuk untuk menyurvei pelayanan Polres Wonogiri.

Salah satu upaya memudahkan masyarakat adalah dengan membuat satu ruang terpadu. Di dalamnya, masyarakat bisa memperoleh pelayanan laporan polisi, laporan kehilangan, pelayanan SKCK, sidik jari, dan sebagainya. (Khalid Yogi)

Editor : HUMAS POLRES WONOGIRI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here